Archives Oktober 2024

Aksi Timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala Dunia Cricket Diapresiasi

Timnas Cricket Indonesia U-19 tampil di Kualifikasi Piala Dunia Putra zona East-Asia Pacific (EAP). Hasilnya diapresiasi Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI).

Ajang tersebut berlangsung di Darwin, Australia, 12-21 Juni 2023. Pada laga yang dihadiri tim-tim dari kawasan Asia-Pasifik itu, pasukan Garuda Muda besutan Gihan Rajith Perera ini meraih dua kemenangan.

Pada pertandingan 12 Juni lalu, Indonesia mengalahkan Vanuatu dengan selisih 4 wicket. Dalam laga seru itu, Indonesia mengejar target 122 run yang ditetapkan oleh Vanuatu dengan 7 bola tersisa.

Kemenangan juga dicatat Indonesia saat menghadapi Samoa pada 16 Juni 2023. Dalam laga itu, Indonesia menang dengan selisih 4 wicket di tangan. Sebelumnya pada tanggal 13 Juni, Indonesia mengalami kekalahan dalam laga cukup ketat melawan Fiji dengan selisih hanya 2 run.

Baca juga: KONI Lantik Kepengurusan Cricket Indonesia

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI), Abhiram Singh Yadav, menjelaskan turnamen ini merupakan bagian dari perjalanan menuju Piala Dunia ICC U-19 Putra 2024, yang telah mempertemukan bakat-bakat muda terbaik dalam dunia cricket.

Abhiram memberikan apresiasi penampilan Timnas U-19 Indonesia yang cukup menjanjikan tersebut. Apalagi, mereka mampu memberikan perlawanan terhadap lawan-lawan tangguh seperti Selandia Baru, Papua Nugini (PNG), dan Jepang dalam turnamen ini.

“Para pemain Timnas Cricket U 19 Indonesia telah menunjukkan performa yang menjanjikan bagi masa depan Cricket Indonesia. Sekalipun dengan persiapan yang terbatas. Mereka telah membuat kita semua bangga,” kata Abhiram dalam keterangan pers.

Memang Indonesia belum berhasil meraih kemenangan melawan tim-tim kuat. Namun, jelas Abhiram, penampilan secara keseluruhan tim Indonesia yang mengawali debut internasional itu telah mendapat pujian.

Dengan pemain-pemain muda yang berbakat dari U-19 dan U-16 serta talenta-talenta muda yang menjanjikan, Abhiram optimistis Timnas U-19 Indonesia akan mampu meningkatkan kemampuannya dan memberikan dampak dalam dunia cricket.

“Dukungan penuh dari para penggemar cricket di Indonesia akan menjadi kekuatan tambahan bagi Timnas ini dalam meraih kesuksesan di masa depan,” tandasnya.

BNI Sirnas A Banten 2023 Start Hari Ini, Simak Jadwalnya!

Seri kedelapan ajang bulutangkis BNI Sirkuit Nasional (Sirnas) 2023 dimulai di Serang, Banten, pada hari Senin (7/8) pagi. Berikut jadwal BNI Sirnas A Banten 2023 pada hari ini.

GOR Maulana Yusuf Serang bakal menjadi venue utama perhelatan BNI Sirkuit Nasional A Banten 2023 sepanjang 7-12 Agustus. GOR Abana dan GOR Plamenggo menjadi venue pendukung.

BNI Sirnas A Banten 2023 mempertandingkan pebulutangkis muda di kelompok pemula (U-15), remaja (U-17), dan taruna (U-19). Ada 15 nomor yakni Tunggal Pemula Putra (TPA), Tunggal Pemula Putri (TPI), Ganda Pemula Putra (GPA), Ganda Pemula Putri (GPI), Tunggal Remaja Putra (TRA), Tunggal remaja Putri (TRI), Ganda Remaja Putra (GRA), Ganda Remaja Putri (GRI), Ganda Remaja Campuran (GRC), Tunggal Taruna Putra (TTA), Tunggal Taruna Putri (TTI), Ganda Taruna Putra (GTA), Ganda Taruna Putri (GTI), Ganda Taruna Campuran (GTC), dan Ganda Pemula Campuran (GPC).

Rangkaian pertandingan pada hari ini dimulai pada pukul 8.00 WIB. Sepanjang hari, ada serangkaian partai-partai penyisihan. Sejumlah partai di babak utama juga sudah dimainkan hari ini. Di antaranya di babak 64 besar nomor GTC.

Baca juga: Nonton BNI Sirnas A Banten 2023 Mulai Besok, Bisa Dapat Hadiah!

Ada unggulan pertama GTC Muhammad Danish Maulad Ferary/Fauzia Ainun Mardiah yang akan menghadapi Muhammad Baqir Al Hanif/Alya Ardelia. Unggulan kedua Bimo Prasetyo/Ziya Syafira Zulfa Putri Abdillah berhadapan dengan Rakha Raja Arju Pratama/Wulan Badria Mahrani.

Selain itu, ada pula unggulan ketiga GTC Wahyu Agung Prasetyo/Tasya Khaerany Putrie yang bermain melawan Ahmad Haikal Aryadi/Valentine Dionny Mesdila di babak 64 besar. Sedangkan unggulan kelima M. Nawaf Khoiriyansyah/Luna Rianty Saffana berhadapan dengan Muhammad Keysa Irwansyah/Nahya Muhyifa.

Nomor GPI juga akan mempertandingkan sejumlah partai di babak 64 besar BNI Sirnas A Banten 2023 pada hari ini. Termasuk di antaranya unggulan pertama Dzifana Andria Ramadani/Najwa Nindika Permana Putri, yang berhadapan dengan Kalila Rizkiana Dyah Prayogi/Melody Agustin Nurhidayat. Ada pula unggulan ketiga Kanya Fayrisa Kaidah/Victoria Grace Matriksa yang berhadapan dengan Halifia Usni Pratiwi/Syalma Nurwijaya Kusuma.

Rangkaian pertandingan BNI Sirnas A Banten 2023 pada hari ini rencananya akan ditutup dengan rangkaian pertandingan kualifikasi babak 32 besar GRA.

Baca juga: Nonton BNI Sirnas A Banten 2023 Mulai Besok, Bisa Dapat Hadiah!

Ajang BNI Sirnas 2023 sendiri merupakan turnamen bulutangkis berskala nasional yang menjadi ajang unjuk gigi para pebulutangkis muda potensial. Gelaran itu sekaligus menjadi tolak ukur pembinaan bulutangkis nasional sekaligus ajang buat para atlet dalam menjaring poin nasional dan pematangan atlet-atlet muda potensial.

Lewat BNI Sirnas 2023, para pebulutangkis muda Indonesia akan mengerahkan kemampuan terbaiknya dalam usaha merintis jalan ke pelatnas PBSI sekaligus menjadi pemain top andalan Merah Putih di masa depan.

Ajang pencarian bibit muda bulutangkis ini didukung penuh oleh BNI. Sebagai salah bentuk komitmen untuk mempromosikan dan mempopulerkan BNI Sirkuit Nasional 2023, PP PBSI secara resmi juga bekerjasama dengan detikcom dan CNN Indonesia sebagai official media and broadcasting partner di semua seri BNI Sirnas 2023.

Simak rangkuman informasi BNI Sirkuit Nasional 2023 selengkapnya di halaman khusus berikut ini!

(yna/krs)

Arti Selebrasi Francesco Bagnaia di Mandalika

Rider Ducati Francesco Bagnaia melakukan selebrasi di atas motor dengan menempelkan tangan ke telinga. Pecco mengungkap arti perayaan yang dilakukannya di Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023.

Dalam balapan di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Minggu (15/10/2023), Bagnaia menjadi juara. Pecco menjalani race dengan impresif, start di posisi ke-13 untuk menjadi pertama setelah 27 lap dengan catatan waktu 41 menit 20,293 detik.

Saat melakukan victory lap di Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023, Bagnaia berdiri di atas motor yang masih melaju. Dari kamera yang terpasang di motornya, Bagnaia tampak mendekatkan tangan kanan ke telinganya.

Baca juga: Klasemen MotoGP 2023: Bagnaia Kembali ke Puncak

“Saya melakukannya dua kali: satu untuk fans, yang terus menyemangati dan saya bisa merasakannya dari motor, di dalam helm. Itu impresif,” kata Bagnaia di Marca.

“Yang satunya karena terkadang ada banyak yang dibicarakan. Lebih baik membiarkan hal terjadi dan membahasnya nanti,” kata dia menambahkan.

Baca juga: MotoGP Mandalika 2023: Jorge Martin Crash, Bagnaia Juara!

Dengan kemenangan ini, Bagnaia pun sukses kembali memuncaki klasemen MotoGP 2023. Kini, rider 26 tahun itu mengumpulkan 346 poin.

Bagnaia mampu unggul 18 poin dari pesaing terdekatnya, Jorge Martin. Rider Pramac Ducati itu crash saat memimpin seri ke-15 MotoGP 2023.

Baca juga: Hasil MotoGP Mandalika 2023: Bagnaia Menangi Balapan di Indonesia

Alpha Rules Drift Team Ikut Kejuaraan Virtual, 3 Pebalapnya Podium

Alpha Rules Drift Team baru saja mengikuti ajang drift virtual. Hasilnya tiga pebalapnya naik podium, termasuk jadi juara.

Event tersebut bernama Confusa Drift Championship 2023 atau bisa disebut Kejuaraan Virtual Drifting. Ada lima putaran yang dihelat sepanjang 2023 dengan yang pertama di Edutown Arena 30 Juni.

Pada putaran kedua, Sabtu (15/7/2023), Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali, dipilih sebagai venue. Ada total 45 pebalap yang ikut serta di dalamnya, termasuk sembilan drifter profesional.

Mereka adalah Umbu Gillberth, Davin Augusta, Andika Rama Maulana, Attaya Kenzie, Daffa Ardiansyah, Billy Anjewa, Kimi Jahanara, Davide Dorigo, dan Rendy Hibrizi.

Alpha Rules Drift Team sendiri menurunkan enam pebalap di putaran kedua ini, yakni Umbu Gillberth, Davin Augusta, Alvipra Dimas, Samuel Dennis, Ryan Plangiten, dan Argie Putra.

Setelah melalui persaingan yang ketat selama seharian, tiga drifter Alpha Rules naik podium. Prestasi tertinggi didapat Argie Putra yang jadi juara usai mengalahkan Naufal Yudanar di Babak 16 besar, Josh Oxley di Babak 8 Besar, lalu John Ellgood di Babak 4 Besar, dan rekan setimnya Ryan Plangiten di final.

Lalu Samuel Dennis juga berhasil finis ketiga dengan menaklukkan John Elgood. Samuel Dennis sendiri kalah dari Ryan Plangiten di semifinal. Argie Putra mengumpulkan 93 poin, disusul Ryan Plangiten (92 poin) dan Samuel Dennis (90 poin).

Baca juga: IDS 2023: Pebalap Alpha Rules Danny Ferdito Podium Kedua di Putaran 1

“Eventnya seru walau sempat deg-degan pas QTT karena dapat posisi Qualify paling terakhir. Dan pas battle pertama langsung ketemu dengan Top Qualifier, Alhamdulillah bisa dapat gelar juara,” ujar Argie Putra dalam keterangan tertulis kepada media.

“Eventnya seru, lawannya kompetitif banget gara-gara diambil dari 40-an peserta, semoga ke depannya bisa menang,” timpal Samuel Dennis.

Sementara itu, tiga rekan lainny seperti Alvipra Dimas mengundurkan diri di Babak 16 Besar karena masalah mesin, Umbu Gillbert ditaklukkan Kimi Jahanara di Babak 16 Besar, dan Davin Augusta tidak lolos QTT.

“Keberhasilan ini membuktikan kalau kami tidak hanya bagus di dunia nyata, tapi juga di dunia maya. Kami juga tidak mau ketinggalan di era teknologi seperti sekarang. Kami sudah siap menaklukkan putaran ketiga di Meikarta Agustus nanti. Kami harus lebih baik lagi,” papar Manajer Alpha Rules Drift Team Sumitro Liusvia.

Pemilik Alpha Rules Drift Team, Deddy Corbuzier, mengaku senang dengan pencapaian timnya tersebut. Dia juga turut memberikan semangat kepada ketiga drifter lain yang gagal melaju jauh.

Dia berharap semua drifternya bisa lolos semua setidaknya ke Babak Delapan Besar pada putaran ketiga di Meikarta, 4-5 Agustus.

“Saya senang sekali melihat pencapaian Alpha Rules Drift Team di putaran kedua Confusa Drift Championship ini. Selamat untuk Argie Putra yang jadi juara. Yang lainnya saya yakin bisa meraih hasil yang lebih baik di putaran ketiga nanti. Semoga bisa melaju jauh semuanya ya,” papar Deddy Corbuzier.

Baca juga: Jelang IDS 2023, Alpha Rules Drift Team Dapat ‘Tenaga’ Baru

(mrp/ran)

Bagnaia Menangi Sprint Race MotoGP Amerika Serikat 2023

Francesco Bagnaia ‘mengamuk’ di hari kedua MotoGP Amerika Serikat. Usai merebut pole, rider Ducati itu juga keluar menjadi yang tercepat dalam sprint race.

Di Circuit of the Americas, Austin, Texas, Amerika Serikat, Minggu (16/4/2023) dini hari WIB, Bagnaia memulai start dari baris terdepan, menyusul hasil di kualifikasi. Pebalap Italia itu langsung melesat.

Sempat diganggu Alex Rins dan Aleix Espargaro, Bagnaia mulai tak terkejar setelah memasuki beberapa lap. Sampai akhirnya, Bagnaia melahap 10 lap dengan finis pertama.

Di posisi dua ada Alex Rins, dan tempat ketiga direbut Jorge Martin, yang bisa mengungguli Aleix Espargaro. Lima besar kemudian diisi Brad Binder.

Baca juga: Kualifikasi MotoGP Amerika Serikat 2023: Bagnaia Pole

Kemudian di peringkat 6 sampai 9 berturut-turut diisi Marco Bezzecchi, Luca Marini, Miguel Oliveira, dan Jack Miller. Kesembilan rider itu mendapat poin tambahan jelang race nanti.

Nasib apes dialami Fabio Quartararo di Sprint Race. Rider Monster Energy Yamaha itu sempat jatuh di Turn 1. Rider Prancis itu harus puas finis ke-19. Hal serupa juga dialami Alex Marquez, rider Gresini.

Dengan kemenangan ini, Bagnaia menjadi rider pertama yang bisa menang dua kali sprint race, usai juga merebutnya di Portugal. Ia pun mengoleksi raihan 12 poin tambahan jelang race sesungguhnya.

Race utama MotoGP Amerika bakal digelar Senin (17/4/2023) dini hari WIB.

Hasil Sprint Race MotoGP Amerika Serikat 2023

PosRiderNatTeam
1Francesco BagnaiaITADucati Lenovo (GP23)
2Alex RinsSPALCR Honda (RC213V)
3Jorge MartinSPAPramac Ducati (GP23)
4Aleix EspargaroSPAAprilia Factory (RS-GP23)
5Brad BinderRSARed Bull KTM (RC16)
6Marco BezzecchiITAMooney VR46 Ducati (GP22)
7Luca MariniITAMooney VR46 Ducati (GP22)
8Miguel OliveiraPORRNF Aprilia (RS-GP22)
9Jack MillerAUSRed Bull KTM (RC16)
10Maverick ViñalesSPAAprilia Factory (RS-GP23)
11Johann ZarcoFRAPramac Ducati (GP23)
12Joan MirSPARepsol Honda (RC213V)
13Takaaki NakagamiJPNLCR Honda (RC213V)
14Franco MorbidelliITAMonster Yamaha (YZR-M1)
15Raul FernandezSPARNF Aprilia (RS-GP22)
16Augusto FernandezSPATech3 GASGAS (RC16)*
17Fabio Di GiannantonioITAGresini Ducati (GP22)
18Stefan BradlGERHonda Test Rider (RC213V)
19Fabio QuartararoFRAMonster Yamaha (YZR-M1)
20Jonas FolgerGERTech3 GASGAS (RC16)
Alex MarquezSPAGresini Ducati (GP22)
Michele PirroITADucati Lenovo (GP23)

BNI Sirnas B Bali- Raisya dan Victoria Lolos, Akan Berhadapan di 16 Besar

Berikut hasil sejumlah partai BNI Sirkuit (Sirnas) B Bali 2023 di Kota Denpasar pada hari ketiga, Rabu (10/5), sampai sore hari ini. Sejumlah unggulan masih melaju.

Pada 8-13 Mei ini Denpasar, Bali, menjadi tuan rumah seri keempat gelaran BNI Sirnas 2023, sebuah turnamen bulutangkis berskala nasional yang menjadi ajang unjuk gigi para pebulutangkis muda potensial.

GOR Liga Bali Arena, sebagai venue utama, dan GOR Udayana, sebagai venue pendukung, akan menjadi tempat perhelatan BNI Sirnas B Bali 2023. Seri keempat BNI Sirnas 2023 itu digelar pada 8-13 Mei, mempertandingkan kelompok usia dini (U-11), anak-anak (U-13), dan pemula (U-15).

Ada 10 nomor yang dimainkan yakni Tunggal Anak-Anak Putra (TAPA), Tunggal Anak-Anak Putri (TAPI), Ganda Anak-Anak Putra (GAPA), Ganda Anak-Anak Putri (GAPI), Tunggal Pemula Putra (TPA), Tunggal Pemula Putri (TPI), Ganda Pemula Putra (GPA), Ganda Pemula Putri (GPI), Tunggal Usia Dini Putra (UDPA/TUDA), dan Tunggal Usia Dini Putri (UDPI/TUDI).

Baca juga: Jadwal BNI Sirnas B Bali 2023 Hari Ini, Berlian dan Raisya Main

Di GOR Liga Bali Arena, Raisya Affatunisa yang merupakan unggulan pertama nomor TPI berhasil mengatasi Aulina Cheryl Gloria yang menjadi lawannya. Raisya, juara dari BNI Sirnas B Batam dan BNI Sirnas A Purwokerto, menang dengan skor 21-13, 21-11 di partai babak 32 besar tersebut.

Masih dari nomor yang sama, unggulan ke-23 Aisyah Nur Melody Indah juga memetik kemenangan straight game. Ia melewati Aysha Raisa Shua berkat kemenangan 21-2, 21-9. Kemenangan juga dipetik oleh Victoria Grace Matriksa selaku unggulan ke-13, lewat skor 21-13, 21-11 melawan Injili Kasih Sapetu.

Hasil-hasil itu sekaligus membuat Raisya Affatunisa dan Victoria Grace Matriksa akan berhadapan di babak 16 besar TPI BNI Sirnas B Bali 2023.

Di babak 64 besar nomor TAPI, unggulan keempat Divya Amanta Kuncoro, putri dari sosok mantan pebulutangkis Sony Dwi Kuncoro, meraih kemenangan 21-8, 21-11 saat menghadapi Celine Priscilla Wibowo.

Baca juga: Nonton BNI Sirnas B 2023 di Pulau Dewata, Dapatkan Hadiahnya!

Unggulan kedua di nomor ini, Kalia Rahmadani, juga meraih kemenangan. Ada Skolastika Regina Anandaningrum yang dilewatinya dengan kemenangan 21-8, 21-7 dalam partai 17 menit.

Di partai 32 besar TPA, Allong Ardian selaku unggulan pertama masih terlalu tangguh buat Ariel Abraham Arifianto. Allong menang 21-16, 21-9.

Sementara di partai lainnya, unggulan keempat Rakha Almer Alzena berhasil melewati unggulan ke-22 Rizki Agung Darmawan dengan kemenangan 21-19, 19-21, 21-18 dalam partai ketat yang berlangsung 57 menit.

Di salah satu partai nomor GPA, Azha Zeaada Neam/Nahdan Syiraj Fauzi Naim meraih kemenangan di babak 64 besar. Unggulan kedua itu menang 21-11, 21-13 atas Hansen Nathan Archiello Wijoyono/I Wayan Kenend Mayndra Lana.

Baca juga: Zidane/Satria Lewati Partai Alot 40 Menit di BNI Sirnas B Bali 2023

Ajang BNI Sirnas 2023 merupakan turnamen bulutangkis berskala nasional yang menjadi ajang unjuk gigi para pebulutangkis muda potensial. Gelaran itu sekaligus menjadi tolak ukur pembinaan bulutangkis nasional sekaligus ajang buat para atlet dalam menjaring poin nasional dan pematangan atlet-atlet muda potensial.

Lewat BNI Sirnas 2023, para pebulutangkis muda Indonesia akan mengerahkan kemampuan terbaiknya dalam usaha merintis jalan ke pelatnas PBSI sekaligus menjadi pemain top andalan Merah Putih di masa depan.

Ajang pencarian bibit muda bulutangkis ini didukung penuh oleh BNI. Sebagai salah bentuk komitmen untuk mempromosikan dan mempopulerkan BNI Sirkuit Nasional 2023, PP PBSI secara resmi juga bekerjasama dengan detikcom dan CNN Indonesia sebagai official media and broadcasting partner di semua seri BNI Sirnas 2023.

Simak rangkuman informasi BNI Sirkuit Nasional 2023 selengkapnya di halaman khusus berikut ini!

Saksikan Video ‘Perjuangan Pebulu Tangkis Muda Allong Tak Mudik demi BNI Sirnas B Bali 2023’:

[Gambas:Video 20detik]

(vyp/krs)

Chico Bangga Banget Lihat Aksi Ester Nurumi di Uber Cup 2024

Ester Nurumi Tri Wardoyo naik daun setelah kiprahnya di Uber Cup 2024. Kakak kandungnya yang juga pebulutangkis, Chico Aura Dwi Wardoyo, turut bangga.

Ester dan Chico sama-sama merupakan atlet Pelatnas PBSI di Cipayung. Keduanya bermain di sektor tunggal dan sama-sama turun di Thomas dan Uber Cup 2024.

Dibandingkan dengan Chico, nama Ester relatif lebih melejit menyusul penampilannya di kejuaraan beregu putri Uber Cup 2024, yang bergulir pada 29 April hingga 5 Mei lalu.

Baca juga: Komang Ayu Cahya Dewi, Idola Baru Badminton Lovers

Terutama saat Ester Nurumi Tri Wardoyo menjadi penentu Indonesia vs Thailand di babak perempatfinal. Ester mengalahkan Supanida Katethong lewat duel rubber game 19-21, 21-19, 21-19 dalam tempo waktu 83 menit.

Kemenangannya itu sekaligus membawa Indonesia melangkah ke semifinal Uber Cup 2024. Nama Ester pun kian naik dan banyak yang memuji daya juangnya yang luar biasa di lapangan.

Ester juga sempat habis-habisan demi menyumbangkan poin bagi Indonesia saat menghadapi Korea Selatan dalam perebutan tiket ke final.

Baca juga: Hasil Uber Cup 2024 Lecut Semangat Ester Nurumi untuk Terus Unjuk Gigi

Meskipun fisiknya sempat terkuras pada laga sebelumnya, adik kandung dari Chico Aura Dwi Wardoyo itu tetap tampil ngotot dengan membukukan skor 20-22, 21-16, 21-12 atas Kim Ga Ram.

“Bangga banget dengan permainan dia kemarin, dari mulai lawan Jepang, Thailand, Korea dan terakhir lawan China. Perjuangan dia luar biasa,” kata Chico menyoal penampilan Ester, saat ditemui di Pelatnas PBSI, Cipayung.

Ya, meski tak menunjukkan sikap dukungan secara langsung, tapi Chico mengaku kerap memberikan wejangannya kepada Ester.

Baca juga: Fadil Imran: Rapor Bulutangkis Indonesia Meningkat

“Ya ada-lah kayak kasih semangat gitu,” ucap Chico.

Juara Taiwan Open 2023 itu juga tak pernah melewatkan pertandingan adiknya tersebut. Dia menonton online sambil persiapan latihan Thomas Cup.

“Saya nonton online. Ya lihat dia main tuh keringatan terus deg-degan parah, apalagi pas lawan Supanida. Aduh,” Chico mengungkapkan.

Baca juga: Soal Gaya Taufik Hidayat sebagai Mentor, Jonatan Christie: Baik kok

“Tapi saya bangga dan saya cukup yakin dengan kemampuan dia dari latihan dan perkembangan tiap turnamen. Saya rasa dia cukup siap berlaga di Uber Cup kemarin. Dia itu punya semangat tinggi, kerja keras, dan skillnya juga bagus banget,” tuturnya.

Lantas dari siapa Ester Nurumi Tri Wardoyo belajar dan kini memiliki skill seperti itu? Chico sontak menyahut dengan berkelakar.

“Dari sayalah. Masa enggak dari abangnya haha,” kata juara Malaysia Masters 2022 itu.

(mcy/krs)

Bagnaia Senggolan dengan Marc Marquez- Manuverku Tidak Beresiko!

Francesco Bagnaia meradang karena gagal mendapat poin di MotoGP Portugal 2024. Bagnaia mengatakan, dirinya tidak bersalah dalam insiden dengan Marc Marquez.

Pebalap Ducati itu harus menyudahi balapan di Sirkuit Portimao kemarin (24/3) lebih awal. Bagnaia bersenggolan dengan Marquez di Tikungan 2 pada tiga putaran terakhir balapan. Pada prosesnya, Bagnaia gagal finis sedangkan pebalap Gresini itu masih bisa melanjutkan balapan lalu finis ke-16.

Baca juga: Senggolan dengan Bagnaia, Marc Marquez: Pecco Terlalu Optimis!

Insiden itu sudah diselidiki dengan keputusan tidak ada penalti untuk Bagnaia maupun Marc Marquez. Akan tetapi, nol poin yang didapat Bagnaia membuat dia tercecer dalam persaingan titel juara. Pecco Bagnaia melorot ke peringkat keempat dengan 37 poin, terpaut 23 poin dari Jorge Martin di puncak klasemen.

“Aku tadi berusaha sedekat mungkin dengan pebalap-pebalap terdepan, tapi ketika Pedro [Acosta] datang, dia tampak terlalu kencang. Dan ketika Marc datang, dia mencoba menyalip, lalu dia melebar,” ceplos Bagnaia di Autosport.

“Aku tadi mencoba menutup jalur balapku. Dia menyeberangi garis balapnya dan kami bersenggolan. Ketika ada seorang pebalap di depan anda yang sedang bertarung dengan anda melebar, apa yang ingin anda lakukan? Menyalip dia lagi untuk mendapatkan poin. Jadi, bagiku, manuverku tidak berisiko,” sungut dia.

[Gambas:Twitter]

Baca juga: Ketika Pedro Acosta Bikin Repot Marquez-Bagnaia-Vinales

Gagal finis di MotoGP Portugal seakan menjadi momen “deja vu” bagi Francesco Bagnaia. Di musim 2023, Bagnaia juga pulang tanpa poin usai finis ke-16 di seri kedua di Argentina.

“Tahun lalu di balapan kedua aku melakukan hal yang sama, finis dengan nol poin karena kesalahanku. Sekarang karena sebuah kecelakaan di dalam balapan,” sambung dia. Kejuaraan masih sangat panjang, masih ada 38 balapan di depan. Namun, aku berharap dan aku menginginkan agar lebih konsisten dengan hasil dan tidak mulai mendapatkan nol poin seperti tahun lalu di balapan kedua,” cetus dia.

Akira Koga Pakai Legging- Tambah Pede plus Tekan Lemak

Ganda putra Jepang Akira Koga kini kerap mengenakan legging di setiap pertandingan yang dia ikuti. Terbaru di Indonesia Masters 2024.

Koga terlihat menampilkan style-nya tersebut dalam babak kedua turnamen BWF Super 500 saat menghadapi Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di Istora Gelora Bung Karno (GBK), pada Kamis (25/1/2024).

Padahal, legging biasanya identik dengan pemain-pemain dalam negeri seperti Mohammad Ahsan dan Muhammad Rian Ardianto. Salah satu alasannya ialah menutup aurat.

Namun, menarik ketika legging dikenakan oleh pemain Jepang, Akira Koga. Dia pun membeberkan alasan dan fungsinya.

Baca juga: Hasil Indonesia Masters 2024: Chico Takluk dari Antonsen

“Sebenarnya kalau saya latihan kebanyakan enggak pakai legging, tapi pas pakai legging perfoma saya jadi lebih bagus dan percaya diri,” kata Koga saat ditemui di Mixzone.

“Saya merasa lemak-lemak dan daging di bagian kakinya saya lebih press, kecil. Dan itu pengaruh kepada permainan saya. Itu sugesti saya sendiri,” lanjut pemain ranking 14 dunia itu.

Koga juga mengaku tak melihat siapa pun sebagai rujukan. Malah biasanya ia mengenakan pakaian ketat lengkap dengan atasannya.

“Enggak melihat siapa-siapa. Pertamanya saya pakai lengkap dengan atasannya, akhirnya lama-lama pakai yang bagian bawahnya saja. Dan itu sudah lama (saya gunakan),” tuturnya.

Baca juga: Hasil Indonesia Masters 2024: Bagas/Fikri Melaju ke 8 Besar

Bobby Setiabudi di BNI Kejurnas PBSI 2023- Dobel Oke, Mix pun Tak Masalah

Bobby Setiabudi jadi salah satu pemain yang panen gelar di BNI Kejuaraan Nasional PBSI 2023. Tak cuma berjaya di ganda campuran, Bobby juga juara di ganda putra. Top!

Bobby merupakan pemain andalan PBSI Jawa Tengah di Kejurnas PBSI 2023 yang turun di nomor dewasa. Bobby berpasangan dengan Akbar Bintang Cahyono di ganda putra, dan dengan Melati Daeva Oktaviani di ganda campuran.

Tampil mantap, Bobby terbilang sibuk di hari terakhir Kejurnas PBSI 2023, Sabtu (23/12/2023) yang dihelat di GOR UNJ, Rawamangun. Dia harus tampil di dua partai final bersama pasangannya.

Baca juga: Hasil Final BNI Kejurnas PBSI 2023: Kleopas/Rachel dan Bobby/Melati Juara

Bobby tampil duluan di Ganda Dewasa Campuran bersama Melati menghadapi sesama pemain Jawa Tengah Akbar/Marsheilla Gischa Islami. Bobby/Melati tampil mantap dengan kemenangan 21-13 dan 22-20.

Beberapa jam setelahnya, Bobby tampil lagi di final berpasangan dengan Akbar di nomor ganda putra. Menghadapi pasangan Jawa Barat Hardianto/Reinard Dhanriano, Bobby/Akbar mendapat perlawanan ketat sebelum menang 21-19 dan 28-26.

Kemenangan yang bikin Bobby pulang dengan dua gelar sekaligus jadi kado terbaik di akhir tahun. Sebab Bobby baru melalui 2023 dengan kurang menyenangkan setelah terdepak dari nomor tunggal putra Pelatnas PBSI tengah tahun lalu.

“Mainnya bagus, senior kita juga, udah lama main dobel, saya juga baru pindah, baru dipartnerin. Tadi main nothing to lose sama fight saja, apapun yang terjadi, kita syukuri aja,” ujar Bobby dalam wawancara dengan media usai laga final.

Terkait rencana tahun depan apakah tetap bermain berpasangan atau sendiri, Bobby menyerahkan kepada tim pelatih PB Djarum. Pemain 22 tahun asal Situbondo itu cuma ingin tampil sebaik mungkin dan memberikan prestasi.

Baca juga: Ini Jawaban PBSI Soal Degradasi Ikhsan Rumbay

“Tergantung Djarumnya sih, slotnya belum ada, partner belum ada jalanin aja buat tahun depan. siapa yang bisa main bareng, siapa yang tanding bareng saya, jalanin saja,” kata Bobby.

“Ganda campuran atau putra? Dua-duanya nyaman menurut saya. Dulu memang dari kecil main dobel atau mix, jalannya ternyata masih di single, jalanin dulu di single. tapi waktunya di dobel atau mix, coba saja. Apapun itu kita jalanin aja, kalau bisa dua-duanya, kita jalanin.”

Terkait performa Bobby sebagai pasangan, Akbar memuji stamina rekannya yang berusia lima tahun lebih muda.

“Sebenarnya kita belum terlalu nyambung, dia juga baru pertama kali main dobel, tapi dia masih muda, enerjik jadinya,” papar Akbar.

Baca juga: Ikhsan Rumbay Buka-bukaan Soal Degradasi Pelatnas PBSI

(bay/cas)

Asian Para Games 2023- China Juara Umum, Indonesia Peringkat Keenam

Tuntas sudah perhelatan Asian Para Games 2023. China keluar sebagai juara umum, sementara Indonesia berada di peringkat keenam.

Asian Para Games resmi berakhir pada Sabtu (28/10/2023), setelah dimulai sejak 22 Oktober lalu. Cabang anggar kursi roda menjadi cabang olahraga terakhir yang memperebutkan medali emas.

China meraih emas terakhirnya di Asian Para Games 2023 setelah menjuarai nomor men’s epee team di HDU Gymnasium Piste pada siang tadi.

Baca juga: Atlet RI Peraih Medali Asian Para Games Dapat Rumah Sesuai Domisili

Tambahan emas itu membuat China kini mengoleksi 214 medali emas, 167 perak, dan 140 perunggu. Perolehan medali itu membuat tuan rumah kokoh di peringkat pertama dan dipastikan tak terkejar oleh para pesaingnya.

Apalagi melihat perolehan medali emas antara peringkat pertama dengan kedua, yaitu Iran, terpaut sangat jauh. Iran memperebutkan 44 medali emas, 46 perak, dan 41 perunggu. Di posisi ketiga diraih Jepang yang mengoleksi 42 medali emas, 49 medali perak, dan 59 medali perunggu. Serta Korea yang merebut 30 medali emas, 33 perak, dan 40 perunggu.

Sedangkan India berada di peringkat kelima klasemen Asian Para Games 2023 dengan merebut 29 medali emas, 31 perak, dan 51 perunggu. Adapun Indonesia menempati peringkat keenam dengan peroleha 29 medali emas, 30 medali perak, dan 36 medali perunggu.

Indonesia Lampaui Target Asian Para Games 2023

Angela Tanoesoedibjo, Chef de Mission (CdM) Asian Para Games untuk Indonesia, berterima kasih kepada seluruh pihak yang terus mendukung atas prestasi Indonesia, terutama Presiden RI Joko Widodo.

“Hari ini kontingen Indonesia berhasil menyelesaikan seluruh kompetisi Asian Para Games Hangzhou. Kami ingin ucapkan terima kasih atas dukungan Bapak Presiden RI Joko Widodo, Bapak Menko PMK Muhadjir Effendy, dan Menpora Dito, NPC Indonesia, sponsor, pelatih dan ofisial, dan masyarakat Indonesia,” kata Angela mengawali jumpa persnya melalui Zoom, Sabtu (28/10/2023).

Baca juga: Catur Tambah 3 Emas Indonesia di Hari Penutupan Asian Para Games 2023

“Karena dengan kerja sama seluruh pihak dengan bangga kami ingin menyampaikan hasil akhir para juara yang telah mengerahkan seluruh kemampuan untuk mencapai tujuan yaitu mengibarkan Merah-Putih dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya pada ajang Asian Para Games. Hasil akhir perolehan medali Indonesia 29 medali emas, 30 perak, dan 36 perunggu, sehingga total medali yang dipersembahkan 95 medali, peringkat akhir posisi enam,” sebutnya.

Angela mengatakan, perolehan di Asian Para Games 2023 ini jauh melampui target awal 19 emas, 23 perak, 25 perunggu. Bahkan, sebutnya, peringkat Indonesia ini menjadi yang pertama di negara-negara ASEAN, serta prestasi terbaik Indonesia dalam keikutsertaannya di Asian Para Games di luar menjadi tuan rumah.

“Kami juga dengan bangga menyampaikan bahwa para juara juga berhasil memecahkan 13 rekor. Rinciannya, 8 rekor Asian Para Games, tiga rekor Asia, dan 2 rekor dunia. Adapun dua atlet juga mencatat sejarah emas pertama dari cabor blind judo dan boccia,” kata Angela.

Baca juga: Asian Para Games 2023: Boccia Persembahkan Emas Ketujuh bagi Indonesia

Terhadap atlet Asian Para Games 2023, Angela memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas perjuangan dan prestasi yang telah diraih.

“Saya berterima kasih kepada atlet yang sedang berjuang sejak pelatihan, klasifikasi, kualifikasi, hingga final dan semua 130 atlet adalah para juara yang telah mengalahkan keraguan, keluar dari zona nyaman, dan berjuang sampai detik terakhir. Tentunya tak kalah penting kontribusi tenaga pelatih dan pendukung,” ujarnya.

“Pencapaian ini adalah bukti bahwa usaha tak pernah mengkhianati hasil. Saya sebagai CdM bangga jadi saksi dan menjadi bagian perjuangan para atlet Indonesia di Asian Para Games ini. Semoga pencapaian ini menambah semangat bagi kawan-kawan atlet di ajang besar berikutnya, Paralimapiade,” Angela menandaskan.

(mcy/krs)

Hasil India Open 2024- Jonatan Christie Melaju Mulus ke 16 Besar

Jonatan Christie melaju mulus ke 16 besar India Open 2024. Jojo lolos setelah menyingkirkan wakil Hong Kong, Angus Ng Ka Long, dua gim langsung.

Babak 32 besar India Open nomor tunggal putra mempertemukan Jojo dengan Angus Ng. Duel berlangsung di Court 2 KD Jadhav Indoor Haal, Rabu (17/1/2024) sore WIB.

Duel sengit tersaji di awal gim pertama dengan kedua pebulutangkis kejar-kejaran poin hingga berimbang 6-6. Jojo kemudian mencapai interval dengan keunggulan 11-8.

Baca juga: Jadwal India Open 2024 Hari Ini: Anthony Ginting dan Jonatan Main

Jonatan Christie gaspol selepas interval lewat permainan-permainan smash cepat nan terukur. Angus Ng banyak bikin kesalahan penempatan bola dan membuat Jojo unggul 16-9.

Poin demi poin terus didapat Jojo hingga keunggulan 18-10. Unggulan kelima ini menuntaskan gim pertama dengan keunggulan 21-13.

Laju Jojo kembali mulus di awal gim kedua dengan merebut delapan poin beruntun. Angus Ng banyak melakukan kesalahan dengan bola-bola out yang menguntungkan lawan.

Interval kedua dicapai dengan Jojo unggul telak 11-2. Angus Ng lagi-lagi banyak bikin eror yang membuat Jojo unggul 14-2 dan 19-4.

Baca juga: Rinov/Mentari Tetap Semangat walau Langsung Tersingkir di India Open

Jojo mencapai match point dengan keunggulan 20-5. Dua smash kerasnya tak tepat sasaran dan justru jadi poin buat Angus Ng. Jojo akhirnya menuntaskan gim dengan kemenangan 21-7.

Kemenangan ini membawa Jonatan Christie ke 16 besar India Open 2024. Jojo sudah ditunggu wakil Malaysia, Lee Zi Jia, yang lolos setelah menumbangkan Brian Yang dari Kanada.

[Gambas:Twitter]

Baca juga: Hasil India Open 2024: Rehan/Lisa ke 16 Besar Usai Lawan Mundur

Dua Trofi Juara di Putaran 3 ISSOM 2023, Glenn Nirwan Makin Pede

Pebalap Glenn Nirwan sukses merengkuh dua trofi juara di putaran ketiga Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2023. Ini membuat Glenn makin pede menatap putaran keempat.

Glenn mengikuti kelas ETCR dan ISTCR 3600 pada putaran ketiga ISSOM 2023 di Sirkuit Internasional Sentul, Minggu (13/8). Pebalap BRM Motorsport TCD itu tak tertahankan untuk menaiki podium pertama.

Lawan-lawannya pun tidak sembarangan karena ada juara nasional 11 kali Alvin Bahar dan Benny Santoso di kelas ISTCR 3600. Selain itu ada juga Romel Deffari di kelas ETCC.

Kemenangan ganda ini mengulangi pencapaiannya di putaran pertama Maret lalu. Padahal Glenn saat itu baru turun lagi di balapan touring setelah 13 tahun absen.

Menurut Glenn, performa ini tak lepas dari kerja keras yang dilakukannya sejak awal tahun. Dia juga mencoba tidak jemawa setiap menjalani balapan, sekalipun memiliki segudang pengalaman.

Baca juga: 13 Tahun Absen, Pebalap Ini Langsung Juara di Putaran Pertama ISSOM 2023

“Jadi, saya di balapan hanya berusaha tampil tenang. Seperti Alvin Bahar, Benny Santoso mereka itu adalah guru buat saya untuk bisa lebih banyak belajar,” tutur Glenn dalam rilis kepada detikSport.

Makin spesial untuk Glenn karena ada sang ayah, Roy Nirwan, yang menemaninya di paddock tim akhir pekan kemarin.

“Kemenangan kali ini murni karena kerja sama tim yang luar biasa. Mulai dari official hingga kru mekanik, semuanya sangat membantu. Om Rizal Sungkar pun membantu luar biasa. Ditambah kami kedatangan owner tim, Pak Roy Nirwan yang juga selaku orang tua kami, langsung memberikan semangat dan input-input yang membangun, membuat semuanya berjalan mulus sampai bisa meraih double winner,” tutur adik pereli nasional Ryan Nirwan ini.

Kepercayaan diri Glenn kini makin meningkat setelah menaklukkan dua dari tiga putaran ISSOM 2023. Dia pun ingin mengulanginya di putaran keempat bulan depan.

“Tak ada pilihan lain, ya harus mencatat hasil maksimal lagi seperti seri 3 kemarin. Tentu saja, dengan harapan kerja sama tim bisa terus maksimal seperti yang sudah terjalin selama ini,” tutup Glenn.

Baca juga: ISSOM 2023: Avila Bahar Finis Ketiga di Putaran Ketiga

Bamsoet Dukung Event Drag Race Harley Davidson di PIK 2

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung event balap drag race/balap trek lurus menggunakan Harley Davidson, HOGERS Indonesia Drag Race of National Event (HI-DRONE). Kegiatan ini digelar oleh komunitas Harley Davidson, HOGERS Indonesia, pada 11-12 November 2023 di Community Park, Pantai Indah Kapuk 2 (PIK2).

“HI-DRONE mengusung konsep baru dalam ajang otomotif di Indonesia. Menggabungkan antara balap motor, bazaar UMKM, dengan konser musik yang dikemas premium melalui Sound of Unity. Dimeriahkan artis Indonesia papan atas seperti Dewa, Raisa, Iwa K, Maliq and D’Essentials, Ada Band, Coconut Treez, dan DJ Winky Wiryawan. Menjadikan event ini selain dapat dinikmati penggemar otomotif, juga dapat dinikmati masyarakat umum,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Rabu (8/11/2023).

Hal ini disampaikannya dalam konferensi pers HI-DRONE, di D’Javu Lounge and Bar, di Black Stone Garage, Jakarta, hari ini.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini juga menjelaskan jumlah peserta yang mendaftar sudah hampir mencapai 500 peserta, dan masih akan terus bertambah seiring semakin dekatnya waktu pelaksanaan event. Tidak hanya pecinta Harley Davidson, bengkel pun antusias menyambut event ini.

Bamsoet menambahkan hal tersebut bukan tanpa alasan karena kegiatan HI-DRONE dapat menjadi ajang silaturahmi sekaligus unjuk ‘gigi’. Apalagi kegiatan ini direncanakan diadakan rutin, minimal setahun sekali.

“Di dalam HI-DRONE akan ada dua jenis perlombaan secara jarak, yaitu Full Track dengan panjang trek 402 meter, sehingga hanya bertanding dalam 1 kelas. Kriteria lain adalah Combat (Combination All Tracks) yaitu panjang trek 201 meter + 402 meter, artinya dalam satu lintasan terdapat 2 kelas yang dipertandingkan bagi peserta yang ingin sekaligus menguji performa kendaraannya,” jelasnya.

Bamsoet juga menuturkan dalam event HI-DRONE, Hogers Indonesia juga menyediakan tempat untuk pengusaha UMKM di bidang otomotif dan kuliner. Sehingga para pengusaha UMKM dapat memperkenalkan produknya.

“Terdapat lebih dari 20 UMKM yang akan unjuk gigi di lokasi HI-DRONE, sehingga diharapkan dapat membantu memperkenalkan produk UMKM Indonesia. Di sisi lain juga dapat mendorong kemajuan UMKM sebagai pilar perekonomian nasional,”ucapnya.

Turut hadir antara lain Director Commercial Convention and Exhibition Agung Sedayu Group Ryan Adrian, Direktur IMI Mobilitas Joel D. Mastana, dan Ketua IMI Banten Tubagus Roy. Hadir pula pengurus HOGERS Indonesia antara lain, Founder Tito Sulistio, Ketua Yudi Djadja, Sekjen Aris Budiharjo, Wasekjen Suhendro, Activity Anang Brown, serta Touring Rama Pratama.

Eko Yuli Minta Maaf Gagal Sumbang Medali Asian Games 2023

Eko Yuli Irawan minta maaf karena belum bisa sumbang medali bagi Indonesia di Asian Games 2023. Ia mengaku persiapannya tak maksimal.

Tak tampil di kelas spesialisnya 61kg, Eko yang bertanding di Xiaoshan Sports Centre Gymnasium, pada Minggu (1/10/2023), justru main di kelas 67 kg putra.

Ia berupaya untuk mendapatkan total angkatan terbaiknya, tapi sayang belum berhasil. Eko hanya mencatatkan angkatan terbaik snatch 145 kg. Sementara di kelas clean and jerk ia gagal total setelah berusaha mengangkat 175 kg dalam tiga kali percobaan.

Alhasil, Eko harus puas pulang tanpa bawa medali di multievent terbesar di Asia tersebut. Padahal, di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang ia berstatus sebagai peraih medali emas di kelas 62kg.

“Terima kasih dukungannya dari semua masyarakat Indonesia mohon maaf belum bisa memberikan medali,” kata Eko dalam kutipan cepat yang diterima pewarta melalui KOI.

“Yang pasti sudah berusaha yang terbaik dan Alhamdullilah masih dikasih tenaga untuk bisa ngangkat dan mudah-mudahan bisa lebih baik lagi di event mendatang,” tuturnya.

Baca juga: Eko Yuli Gagal Raih Medali Asian Games 2023

Eko lantas menjelaskan apa yang menjadi kendalanya pada pertandingan kali ini. Menurutnya, persiapannya memang belum maksimal untuk tanding di kelas 67kg.

“Tidak terdistraksi (diskualifikasi angkatan snatch ketiga) tapi memang mau bagaimana mau angkat segitu juga masih kalah dari hasil akhir. Sedangkan itu saja rekor latihan saya, mau enggak mau rekor latihan saya, saya angkat di angkatan pertama. Gamblinglah,” Eko menjelaskan.

“Memang persiapannya belum maksimal untuk di kelas ini. Ada sesuatulah yang pasti kenapa saya di kelas 67kg biar nanti pelatih yang bicara,” ujar lifter berusia 34 tahun itu.

Meski gagal di Asian Games, motivasi lifter dengan torehan empat medali Olimpiade itu, tak luntur agar dapat tampil di Olimpiade Paris 2024. Ia bertekad meraih hasil terbaik di ajang angkat besi internasional berikutnya.

“Ke depannya pasti persiapan buat Olimpiade. Mudah-mudahan hasil baiknya di Olimpiade nanti,” Eko menandaskan.

Baca juga: Daftar Pebulutangkis Indonesia di Nomor Perorangan Asian Games 2023

(mcy/aff)

Daftar Lengkap Cabang Penyumbang Medali Indonesia di SEA Games 2023

SEA Games 2023 menyisakan upacara penutupan yang akan digelar pada hari Rabu (17/5) ini. Berikut daftar lengkap cabang-cabang olahraga yang menyumbang medali buat Indonesia di perhelatan tersebut.

Indonesia menutup perolehan medali SEA Games 2023 dengan raihan total 276 keping medali. Rinciannya adalah 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu.

Baca juga: Klasemen Akhir Medali SEA Games 2023: Indonesia Lampaui Target!

Dari jumlah tersebut, cabang Fin Swimming menjadi penyumbang medali terbanyak dengan 21 medali berupa 6 emas, 10 perak, dan 5 perunggu.

Namun, jika spesifik kepada raihan keping emas, cabang Pencak Silat adalah penyumbang terbanyak bagi Indonesia di SEA Games 2023. Ada 9 medali emas yang diraih para atlet Pencak Silat Merah Putih di Kamboja.

Baca juga: Pencapaian Pencak Silat Indonesia Jadi Juara Umum SEA Games 2023

Cabang penyumbang medali Indonesia

CabangEmas
PerakPerungguTotal
Pencak silat96116
Atletik73919
Finswimming610521
Wushu66214
Wrestling66214
Badminton53311
Weightlifting52411
Cycling5218
Tennis4239
Kun bokator351220
Vovinam311418
Kickboxing34411
Traditional boat race3148
Swimming3137
Esports3205
Karate24713
Soft tennis2215
Sepak takraw2125
Volleyball2114
Taekwondo1449
Judo1056
Cricket1214
Aquathlon1113
Jet ski1023
Basketball1012
Indoor hockey1012
Football1001
Boxing0538
Obstacle race0123
Golf0112
Gymnastics0112
Diving0112
Water polo0112
Duathlon0022
Field hockey0022
Triathlon0101
Billiards0011
Dancesport0011
Fencing0011
Total8780109276

(krs/nds)

Ginting Bicara Persaingan Kejuaraan Asia Tanpa Jonatan dan Lee Zii Jia

Anthony Sinisuka Ginting bicara soal persaingan Badminton Asia Championship 2023 tanpa Jonatan Christie dan Lee Zii Jia. Mereka merupakan juara dan runner up edisi lalu.

Badminton Asia Championship atau Kejuaraan Bulutangkis Asia sudah berlangsung sejak Selasa (25/4/2023). Namun, khusus babak utama sektor tunggal putra baru bermain keesokan harinya, termasuk jadwal laga Jonatan Christie dan Lee Zii Jia.

Sayangnya, nasib mereka di ajang yang poinnya setara dengan BWF World Tour Super 1000 itu tak bertahan lama. Jonatan sebelum menghadapi Shi Yu Qi memutuskan mundur karena kondisinya sakit. Dengan demikian, peraih medali emas Asian Games 2018 itu sudah pasti tak bisa memeroleh hasil yang sama seperti saat Kejuaraan Asia tahun lalu.

Baca juga: Badminton Asia Championships 2023: Chico dan Ginting ke 16 Besar

Begitu pun dengan Lee Zii Jia, juara Asia itu gagal mempertahankan gelarnya setelah ia langsung tersingkir di babak pertama. Unggulan ketiga Badminton Asia Championship itu lajunya dihentikan oleh Ng Ka Long Angus dalam duel straight game 19-21, 16-21.

Kondisi ini bukan tak mungkin membuka peluang Anthony Ginting untuk bisa meraih hasil terbaik pada tahun ini. Pada Kejuaraan Asia sebelumnya, Ginting hanya mampu mencapai babak perempatfinal. Ia kalah dalam pertandingan melawan Weng Hongyang (China) dengan skor 13-21, 21-16, 11-21.

Namun, pebulutangkis ranking 2 dunia ini tak mau jemawa. Menurutnya, persaingan tetap ketat walau Lee Zii Jia dan Jonatan sudah tak lanjut di ajang tersebut.

“Persaingan sama saja akan ketat walau juara dan runner up tahun lalu (Lee Zii Jia dan Jonatan Christie) tidak lanjut, karena semua pemain memiliki kualitas yang bagus,” kata Ginting dalam keterangan tertulisnya dari PBSI.

Baca juga: Hasil Undian Kejuaraan Bulutangkis Asia 2023: Jojo Vs Shi Yu Qi

Ginting menjelaskan jika pebulutangkis Asia mendominasi top ranking tunggal putra saat ini. Makanya, kekuatan di nomor itu pun merata saat ini. “Lawan saya saja cukup berat ( di babak kedua) akan melawan Kenta Nishimoto. Jadi cba lebih fokus ke diri sendiri dulu,” ujarnya.

Sesuai undian Kejuaraan Asia, Ginting bertemu dengan Nishimoto setelah sukses mengalahkan Wang Tzu Wei (Taiwan) lewat straight game 21-16, 21-17 pada Rabu (26/4). Sedangkan Kenta mengalahkan Jewel Angelo Albo, pebulutangkis Filipina yang melaju ke babak utama setelah melalui babak kualifikasi grup.

Laga antara Anthony Ginting melawan Nishimoto akan belangsung pada Kamis (27/4) di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Al Nasr Club, lapangan 1, dengan nomor urut kesembilan. Pertemuan keduanya menjadi yang kedelapan dengan head to head 2-5. Unggul lima kemenangan untuk Ginting.

(mcy/cas)

Harapan Menpora Dito Soal Sosok Ketum KOI Periode Mendatang

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) bakal melaksanakan Kongres Luar Biasa (KLB) untuk memilih Ketua Umum periode 2023-2027. Menpora Dito Ariotedjo memberikan harapannya untuk sosok yang bakal jadi calon.

Kongres KOI sendiri akan diadakan pada 30 Juni nanti di Jakarta dengan agenda pemilihan Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum serta Komite Eksekutif.

Dito, yang hadir dalam Rapat Anggota Luar Biasa KOI untuk menetapkan pemilik suara di Kantor KOI, Jakarta, pada Kamis (25/5/2023), turut memberikan harapannya.

“Yang pasti sosok yang dibutuhkan KOI adalah sosok yang bisa mengayomi seluruh cabang olahraga dan yang harus berpikiran internasional. Sebab, namanya saja sudah Komite Olimpiade, jadi harus sosok yang fokus kepada peraihan Indonesia ke depannya, yatu di Olimpiade,” kata Menpora Dito kepada pewarta.

Baca juga: Federasi-federasi Ingin Raja Sapta Oktohari Pimpin KOI Lagi

Sampai saat ini, Raja Sapta Oktohari, masih menjadi satu-satunya bakal calon yang dijagokan untuk memimpin kembali. Soal itu, Dito menyebut sosok Okto sudah tak diragukan lagi terkait passionnya dalam olahraga.

“Saya ini sudah bersama Raja Sapta Oktohari sejak zaman masih (mengurus) cabor sepeda. Saya memahami passion beliau di olahraga dan totalitasnya setiap memegang amanah. KOI juga sangat progresif, inovatif, dan juga menembus internasional, apalagi di Timur Tengah. Secara diplomasi dan jaringannya juga sangat luas. Tentu ini sangat positif untuk Olimpiade,” tuturnya.

Meski begitu, politikus Golkar tersebut memastikan pemerintah tak akan intervensi soal siapa calon dan hasil pada KLB nanti. “Ini kan KLB KOI dalam rangka mau pemilihan. Pemerintah tak boleh intervensi. Kita independen,” tuturnya.

“Dan namanya kongres itu semangatnya musyawarah. Jadi yang penting bagaimana guyubnya stakeholder di dalam diskusi secara kekeluargaan untuk mencapai kesepakatan. Itu lah tujuan utama hasil kongres,” lanjut Dito.

Baca juga: Hat-trick Juara Umum SEA Games, Timnas Voli Diganjar Bonus

Sehubungan itu, Rapat Anggota Luar Biasa yang berlangsung pada siang hingga sore tadi telah menetapkan 66 pemilik suara yang terverifikasi dari 67 cabor anggota. Terdiri dari 33 pemilik suara dari kategori 1 atau cabor Olimpiade, dan 33 cabor dari nomor nonolimpiade. Satu-satunya cabor yang belum terverifikasi hanya lah Persaudaraan Bela Diri Kempo Indonesia (Perkemi).

“Memutuskan status Perkemi untuk melengkapi keanggotaan yang ditetapkan oleh KOI sampai 30 Juni. Jika nanti pada saat yang ditetapkan tidak dilengkapi maka secara otomatis kehilangan keanggotannya di KOI,” kata Ketua Verifikasi Jadi Rajagukguk, usai rapat.

Adapun bobot saat pemilihan di KLB KOI pada akhir Juni nanti, untuk suara dari cabor Olimpiade memiliki tiga angka, sementara cabor nonolimpiade bobotnya hanya satu.

(mcy/aff)

Hasil F1 GP Hungaria- Verstappen Juara, Red Bull Ukir Rekor

Max Verstappen tampil sebagai pemenang Formula 1 GP Hungaria. Hasil ini sekaligus membawa Red Bull ke sebuah rekor kemenangan beruntun.

Verstappen finis terdepan dalam balapan di Sirkuit Hungaroring, Budapest, Minggu (23/5/2023) malam WIB, yang membuat Red Bull mengukir rekor 12 kemenangan beruntun. Pebalap Red Bull itu langsung merebut posisi terdepan selepas start, menyalip peraih pole position Lewis Hamilton.

Baca juga: Hasil Kualifikasi F1 GP Hungaria 2023: Lewis Hamilton Pole!

Hamilton sendiri pada prosesnya juga dilewati oleh Lando Norris dan Sergio Perez yang melengkapi podium. Pebalap Mercedes itu harus puas finis keempat, berjarak hampir 40 detik dari Verstappen.

Balapan praktis menjadi milik Verstappen sepenuhnya. Oscar Piastri melintasi garis finis di posisi kelima dengan jarak 62,5 detik dari pebalap Belanda itu, disusul George Russell dan Charles Leclerc.

Baca juga: Pole ke-104 Rasa Pertama Bagi Lewis Hamilton

Carlos Sainz, Fernando Alonso, dan Lance Stroll melengkapi 10 terdepan. Hanya dua pebalap yang gagal finis di seri ini, yakni Esteban Ocon dan Pierre Gasly, keduanya dari tim BWT Alpine.

Hasil F1 GP Hungaria

NoPebalapTimWaktu
1Max VerstappenOracle Red Bull Racing70 Laps
2Lando NorrisMcLaren F1 Team+ 33.731s
3Sergio PerezOracle Red Bull Racing+ 37.603s
4Lewis HamiltonMercedes AMG Petronas F1 Team39.134s
5Oscar PiastriMcLaren F1 Team+ 62.572s
6George RussellMercedes AMG Petronas F1 Team+ 65.825s
7Charles LeclercScuderia Ferrari+ 70.317s
8Carlos SainzScuderia Ferrari+ 71.073s
9Fernando AlonsoAston Martin Aramco Cognizant Formula One Team+ 75.709s
10Lance StrollAston Martin Aramco Cognizant Formula One Team+ 1 Lap
11Alex AlbonWilliams Racing+ 1 Lap
12Valtteri BottasAlfa Romeo F1 Team Stake+ 1 Lap
13Daniel RicciardoScuderia AlphaTauri+ 1 Lap
14Nico HuelkenbergMoneyGram Haas F1 Team+ 1 Lap
15Yuki TsunodaScuderia AlphaTauri+ 1 Lap
16Zhou GuanyuAlfa Romeo F1 Team Stake+ 1 Lap
17Kevin MagnussenMoneyGram Haas F1 Team+ 1 Lap
18Logan SargeantWilliams Racing+ 1 Lap
Baca juga: F1 2023: AlphaTauri Tunjuk Ricciardo Gantikan De Vries di Sisa Musim

Hari Pertama Kejuaraan Atletik Pelajar di Jawa Timur Tuntas

Hari pertama Kejuaraan atletik antarpelajar di Jawa Timur berlangsung meriah. Ada rekor tersaji dalam perhelatan dini sini.

Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023 – East Java Qualifiers berlangsung selama tiga hari, mulai 8 hingga 10 Desember, di Lapangan Atletik THOR, Surabaya.

Total 5.277 pelajar mewakili 610 sekolah dari 36 kota/kabupaten se Jatim ikut berpartisipasi pada gelaran hasil kolaborasi PB PASI dan DBL Indonesia yang menginjak musim kedua ini.

Jumlah sekolah yang terlibat itu merupakan rekor terbanyak partisipasi dari keseluruhan penyelenggaraan wilayah SAC Indonesia musim 2023 ini. Termasuk tingkat keikutsertaan mewakili kabupaten/kota masing-masing. Dari total 38 kota/kabupaten di Jatim, hanya dua yang absen.

Baca juga: Kejuaraan Atletik Pelajar di Jawa Tengah Tuntas, Ada Rekor Tercipta

“Total 610 sekolah mengirimkan delegasinya. Nyaris seluruh kota/kabupaten se Jatim ada perwakilannya. Ini sangat luar biasa. Sebagai orang Jawa Timur, khususnya Surabaya, saya merasa bangga. Terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mendukung. Mulai dari PB PASI dan Pengprov PASI Jatim, Pemerintah Provinsi Jatim dan Pemerintah Kota Surabaya yang sudah mengizinkan kami memakai fasilitas yang luar biasa ini,” kata CEO & Founder DBL Indonesia, Azrul Ananda, dalam keterangan pers.

Pada hari pertama lomba, Jumat (8/11), sudah langsung tercipta pemecahan rekor nasional Champion SAC Indonesia. Dicatatkan oleh Aufar Fadilah Dwi Caksono dari SMAN 2 Madiun. Turun di nomor lompat jauh, siswi yang duduk di bangku kelas 12 ini berhasil melompat sejauh 4,95 meter.

Dia berhasil naik podium juara sekaligus mematahkan rekor lompatan terjauh yang dicatatkan oleh Winney Maharaati Ruung dari SMAN 1 Tanjung, Kalimantan Selatan, yang memegang rekor sebelumnya dengan catatan 4,83 meter.

Ini bukan kali pertama Aufar Fadilah berlomba di SAC Indonesia. Tahun lalu namanya berhasil masuk dalam daftar peserta yang berangkat ke National Championship. Namun, kala itu dia turun pada nomor lari 100 meter.

“Dari pengalaman bersaing di National Championship, saya mengukur kemampuan diri. Agak sulit bersaing karena catatan waktu tercepat saya mentok 13 detik. Karena itu, sejak tujuh bulan terakhir saya menekuni nomor lompat jauh,” ungkapnya.

Champion SAC Indonesia 2023 East Java Qualifiers menjadi rangkaian penutup dari total enam regional qualifiers musim ini. Lima wilayah lainnya yang sudah digelar adalah Sumatera Qualifiers (di Medan), West Java Qualifiers (di Bandung), Bali Nusra Qualifiers (di Kupang), Jakarta-Banten Qualifiers (di Jakarta), dan Central Java Qualifiers (di Semarang).

Hasil Practice MotoGP Amerika Serikat- Martin Tercepat Pecahkan Rekor

Jorge Martin menjadi yang tercepat pada sesi practice MotoGP Amerika Serikat 2024. Ia turut memecahkan rekor catatan waktu MotoGP Amerika Serikat.

Sesi free practice MotoGP Amerika dimulai di Sirkuit CoTA, Austin, Texas, Jumat (13/4) malam WIB. Pada Free Practice sesi pertama, Maverick Vinales menjadi yang tercepat.

Vinales menorehkan catatan waktu tercepat 2 menit 3,292 detik. Ia lebih cepat dari Jorge Martin dan Pedro Acosta.

Pada sesi kedua, Jorge Martin tampil luar biasa. Ia menggusur Vinales yang pada sesi sebelumnya menjadi pebalap tercepat.

Martin di urutan teratas usai bikin catatan waktu 2 menit 1,397 detik. Torehan tersebut sekaligus membuatnya memecahkan rekor lap sebelumnya yang dipegang Francesco Bagnaia dengan 2 menit 1,892 detik.

Baca juga: Jadwal MotoGP Amerika 2024: Balapannya Dini Hari!

Vinales berada di peringkat kedua lebih lambat 0,076 detik dari Martin. Marc Marquez masih tampil menjanjikan bersama Ducati dengan menempati urutan ketiga.

Lima besa dilengkapi oleh Francesco Bagnaia dan Pedro Acosta di posisi keempat dan kelima. Lima pembalap lainnya yang finis di 10 besar adalah Aleix Espargaro, Franco Morbidelli, Enea Bastianini, Fabio Di Gianntonio, dan Marco Bezzecchi.

Mereka berurutan berada di peringkat enam hingga 10. 10 besar pebalap di sesi practice ini langsung lolos ke kualifikasi 2 (Q2).

Hasil Practice MotoGP Amerika Serikat 2024

PosRiderNatTeamTime/DiffLapMax
1Jorge MartinSPAPramac Ducati (GP24)2’01.397s16/20344k
2Maverick ViñalesSPAAprilia Racing (RS-GP24)+0.076s19/20345k
3Marc MarquezSPAGresini Ducati (GP23)+0.409s18/18344k
4Francesco BagnaiaITADucati Lenovo (GP24)+0.411s18/19342k
5Pedro AcostaSPARed Bull GASGAS Tech3 (RC16)*+0.569s18/19346k
6Aleix EspargaroSPAAprilia Racing (RS-GP24)+0.627s13/17347k
7Franco MorbidelliITAPramac Ducati (GP24)+0.706s19/19342k
8Enea BastianiniITADucati Lenovo (GP24)+0.747s14/18344k
9Fabio Di GiannantonioITAVR46 Ducati (GP23)+0.847s13/17341k
10Marco BezzecchiITAVR46 Ducati (GP23)+0.961s17/21345k
11Miguel OliveiraPORTrackhouse Aprilia (RS-GP24)+1.069s17/18343k
12Raul FernandezSPATrackhouse Aprilia (RS-GP23)+1.079s14/18347k
13Alex MarquezSPAGresini Ducati (GP23)+1.096s20/20344k
14Brad BinderRSARed Bull KTM (RC16)+1.154s17/18351k
15Augusto FernandezSPARed Bull GASGAS Tech3 (RC16)+1.156s14/18344k
16Jack MillerAUSRed Bull KTM (RC16)+1.405s14/19346k
17Fabio QuartararoFRAMonster Yamaha (YZR-M1)+1.442s19/20343k
18Alex RinsSPAMonster Yamaha (YZR-M1)+1.478s17/17343k
19Johann ZarcoFRALCR Honda (RC213V)+1.617s18/19341k
20Joan MirSPARepsol Honda (RC213V)+2.047s14/17344k
21Luca MariniITARepsol Honda (RC213V)+2.124s16/20343k
22Takaaki NakagamiJPNLCR Honda (RC213V)+2.587s16/20344k

Hasil NBA- Suns Menang Dramatis di Markas Warriors

Phoenix Suns meraih kemenangan perdana di pekan pembuka NBA musim ini usai mengalahkan tuan rumah Golden State Warriors 108-104 dalam laga yang berjalan dramatis dan menguras emosi.

Bermain di Chase Center, Rabu (25/10) WIB, kedua tim bermain imbang 28-28 di kuarter pertama, namun Suns tampil memukau di kuarter dua dengan mengemas 33 poin berbanding 18 milik Warriors, sehingga menutup paruh pertama dengan keunggulan 61-46.

Pada kuarter ketiga, Stephen Curry dkk mendapat momentum bangkit. Mereka mencetak 27 poin di tujuh menit pertama dan hanya memberi Suns lima poin, membuat Warriors berbalik unggul 73-66. Suns berusaha mengejar, namun Warriors menutup kuarter tiga dengan memimpin 86-80.

Baca juga: NBA 2023/24 Dimulai, Nuggets Bungkam Lakers 119-107

Suns akhirnya berhasil menyamakan skor menjadi 88-88 di kuarter akhir, lalu saling kejar mengejar poin dengan Warriors hingga 95-95. Lemparan bebas Kevon Looney membawa Warriors unggul 96-95, namun layup Devin Booker mengubah skor menjadi 97-96 untuk Suns di sisa waktu kurang dari lima menit.

Dari situ, Suns berhasil menjaga keunggulan. Warriors terus menempel ketat, namun tak pernah berhasil menyalip dan akhirnya harus mengakui keunggulan tim tamu dengan skor 104-108.

Booker menjadi bintang kemenangan Suns dengan 32 poin, disusul Kevin Durant dengan 18 poin. Josh Okogie mencetak 17 poin, disusul Jusuf Nurkic (14 poin) dan Eric Gordon (10 poin).

Baca juga: 4 Rekomendasi Acara Streaming Vidio buat Para Pecinta Olahraga

Sedangkan di kubu Warriors, Curry mencetak 27 poin, disusul Klay Thompson dengan 15 poin dan Cris Paul 14 poin. Jonathan Kuminga mengemas 12 poin, sedangkan Andrew Wiggins mencetak 10 poin.

Suns selanjutnya akan bertamu ke markas LA Lakers pada Jumat (27/10) pukul 09.00 WIB, sedangkan Warriors akan menantang Sacramento Kings pada Sabtu (28/10) pukul 09.00 WIB.

(adp/krs)

Diandalkan di Olimpiade 2024, Fajar Alfian- Yang Penting Usaha Dulu

Atlet bulutangkis ganda putra Indonesia Fajar Alfian beserta Muhammad Rian Ardianto, pasangannya, bakal berusaha sekeras mungkin di Olimpiade 2024. Beban menjadi andalan pun coba dinikmati dan dijadikan motivasi.

Di Olimpiade 2024, ganda putra memang menjadi salah satu yang diandalkan merebut medali selain dari sektor tunggal. Segala persiapan terus digenjot demi meraih hasil maksimal pada saat pertandingan.

Salah satunya dengan melakoni program latihan yang jauh lebih ketat dan berat. Fajar/Rian wajib menjalani latihan tiga kali sehari, dalam waktu tiga sampai empat hari dalam seminggu.

Baca juga: Pesan Greysia Polii ke Gregoria Mariska Cs Jelang Olimpiade Paris

“Persiapannya luar biasa dari segi fisik dan teknik masih meningkat ya. Masih ada satu bulan. Setelah dua minggu lagi masih ada teknik,” kata Fajar kepada pewarta di Pelatnas PBSI, Cipayung.

“Dari fisik juga capek lah ya. Sekarang latihan juga satu minggu 3-4 kali tuh. Latihannya juga tiga kali dalam sehari. Latihan dari pukul 06.00 sampai 08.00. Lalu latihan lagi pukul 10.00 sampai jam 12.00 dan pukul 15.00 sampai 17.00 WIB,” lanjut atlet kelahiran Bandung tersebut.

Melakoni tugas berat tersebut, Fajar/Rian memang tak sendiri. Rekan-rekannya di sektor ganda putra turut membantu mereka dalam usaha meningkatkan performa. Terlebih mereka menjadi salah satu harapan Indonesia untuk meneruskan tradisi medali emas bulutangkis di Olimpiade 2024.

Kali terakhir Indonesia meraih medali emas di Olimpiade adalah melalui ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu pada Olimpide 2020, plus medali perunggu dari tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting.

Baca juga: Trik Fajar Alfian agar Lebih Fokus ke Olimpiade 2024

Sementara dari sektor ganda putra, Merah-Putih terakhir kali mendapatkannya lewat persembahan Markis Kido/Hendra Setiawan di Beijing 2008. Setelahnya, medali emas direbut China dan Taiwan.

“Beban, namanya hidup pasti ada beban. Saya pribadi bersama Rian lebih menikmati saja. Menjadi salah satu motivasi buat kami. Tidak ada waktu lagi kesempatan dua kali,” tutur juara All England itu.

“Apalagi di 2020 (Tokyo) kami tidak lolos. Sekarang lolos dan satu-satunya (ganda putra) dari Indonesia tentu kami mau terbaik. Apapun hasilnya bagaimana pun kami optimistis. Yang penting usaha dulu,” kata Fajar menyoal Olimpiade 2024.

(mcy/krs)

Hasil FP1 MotoGP Inggris 2024- Martin Tercepat, Marc Marquez Crash

Jorge Martin menjadi yang tercepat dalam sesi Free Practice 1 (FP1) MotoGP Inggris 2024. Sesi ini turut menghadirkan momen crash-nya Marc Marquez.

Di awal sesi latihan di Sirkuit Silverstone, Jumat (2/8) sore WIB, para rider Aprilia langsung tancap gas. Ada Maverick Vinales mengungguli Aleix Espargaro.

Sekitar 20 menit tersisa di FP1 MotoGP Inggris 2024, dari total alokasi durasi 45 menit, Aleix Espargaro tampak berada di posisi terdepan. Di belakangnya ada dua rider Ducati, Francesco ‘Pecco’ Bagnaia dan Enea Bastianini.

Baca juga: Jadwal MotoGP Inggris 2024 Akhir Pekan Ini

Beberapa menit kemudian, ada Jorge Martin yang pamer kecepatan dengan torehan waktu 1 menit 59,627 detik. Rider Pramac Ducati itu mengungguli Espargaro dengan selisih 0,092 detik.

Setelah itu giliran Marc Marquez (Gresini Ducati) yang juga merangsek usai geber tunggangan. Torehan waktunya sementara ini menempatkannya dirinya di posisi kelima dengan jarak 0,306 detik dari Martin.

[Gambas:Twitter]

Marc Marquez crash! Sekitar 2 menit sebelum FP1 habis, Marc Marquez terjatuh di Turn 15 walaupun ia tampak tidak apa-apa dan langsung bisa berdiri lagi. Sebelum itu, tampak pula Pedro Acosta (KTM) yang mengalami crash di Turn 6.

Di sisa waktu, Jorge Martin menebalkan keunggulan. Ia menajamkan waktu dengan 1 menit 59,383 detik dan menjadi yang tercepat dalam sesi FP1 MotoGP Inggris 2024. Vinales berada di posisi kedua, sedangkan Aleix Espargaro di posisi ketiga.

Baca juga: Rossi: Marquez Gabung, Bagnaia Siap-siap Tak Nyaman

Selepas FP1, masih ada sesi Practice yang akan digelar pada hari Jumat (2/8) ini. Sesi Practice MotoGP Inggris 2024 itu akan dimulai pukul 21.00 WIB.

Sebagai pengingat, sejak Silverstone pada tahun lalu ada perubahan format pada sesi latihan MotoGP. Salah satunya adalah bahwa hasil FP1 tidak lagi masuk hitungan untuk menentukan masuk ke Q1/Q2 Kualifikasi MotoGP.

Satu-satunya sesi latihan yang waktunya akan dicatat untuk masuk hitungan dalam sesi kualifikasi Q1/Q2 kini dinamakan ‘Practice’. Sesi Practice itu sendiri digelar setelah FP1 dan sebelum FP2 pada setiap pekan balapan.

Hasil Free Practice 1 (FP1) MotoGP Inggris 2024

PosRiderTim
1Jorge MartinPramac Ducati (GP24)
2Maverick ViñalesAprilia Factory (RS-GP24)
3Aleix EspargaroAprilia Factory (RS-GP24)
4Jack MillerRed Bull KTM (RC16)
5Franco MorbidelliPramac Ducati (GP24)
6Enea BastianiniDucati Lenovo (GP24)
7Fabio Di GiannantonioVR46 Ducati (GP23)
8Francesco BagnaiaDucati Lenovo (GP24)
9Fabio QuartararoMonster Yamaha (YZR-M1)
10Marc MarquezGresini Ducati (GP23)
11Pedro AcostaRed Bull GASGAS Tech3 (RC16)
12Alex MarquezGresini Ducati (GP23)
13Brad BinderRed Bull KTM (RC16)
14Marco BezzecchiVR46 Ducati (GP23)
15Alex RinsMonster Yamaha (YZR-M1)
16Takaaki NakagamiLCR Honda (RC213V)
17Miguel OliveiraTrackhouse Aprilia (RS-GP24)
18Augusto FernandezRed Bull GASGAS Tech3 (RC16)
19Johann ZarcoLCR Honda (RC213V)
20Luca MariniRepsol Honda (RC213V)
21Raul FernandezTrackhouse Aprilia (RS-GP24)
22Joan MirRepsol Honda (RC213V)
23Remy GardnerMonster Yamaha (YZR-M1)

(krs/aff)

Hasil Singapore Open 2024- Gregoria Mariska Melaju ke 16 Besar!

Gregoria Mariska Tunjung melangkah mulus ke 16 besar Singapore Open 2024. Gregoria lolos usai menaklukkan wakil Amerika Serikat, Beiwen Zhang.

Babak 32 besar Singapore Open nomor tunggal putri mempertemukan Gregoria dengan Zhang. Pertarungan berlangsung di Court 2 Singapore Indoor Stadium, Selasa (28/5/2024) siang WIB.

Duel sengit tersaji di awal gim pertama. Susul-susulan poin terjadi hingga skor sama kuat 10-10 sebelum Gregoria unggul 11-10 di interval.

Baca juga: Jadwal Singapore Open 2024 Hari Ini: The Daddies Vs Bagas/Fikri

Skor kembali sama kuat 13-13 dan Zhang berbalik unggul 15-14. Kedudukan kembali sama kuat 16-16 sebelum Gregoria mulai lepas dari tekanan dan memimpin 19-16.

Gregoria mencapai game point dengan kedudukan 20-18. Smash Zhang yang membentur net memastikan keunggulan Gregoria 21-18 di gim pertama.

Gregoria memulai gim kedua dengan merebut empat poin beruntun. Pebulutangkis nomor sembilan dunia ini mencapai interval dengan keunggulan 11-5.

Baca juga: Hasil Singapore Open 2024: Leo/Daniel Didepak Unggulan Ketiga

Permainan presisi Gregoria makin sulit dibendung Zhang seusai interval hingga unggul jauh 15-8 dan 18-10. Gregoria menjejak match point 20-11 dan menuntaskan duel dengan skor 21-12 usai menyambar bola tanggung lawan.

Kemenangan ini memastikan Gregoria Mariska Tunjung lolos ke 16 besar Singapore Open 2024. Dia sudah ditunggu wakil China Taipei, Pai Yu-po, yang melaju usai menyingkirkan Supanida Katethong dari Thailand.

[Gambas:Twitter]

Baca juga: Jonatan Christie dan Anthony Ginting Siap Main di Singapore Open 2024

Saksikan Live DetikSore:

All Indonesian Final di All England, Jonatan Ungkap Kunci Kemenangannya

Jonatan Christie sempat keteteran saat menghadapi Lakshya Sen di semifinal All England 2024. Namun, Jonatan mampu memperbaiki kesalahannya untuk lolos ke final.

Jonatan harus melewati pertarungan rubber game melawan Sen di Utilita Arena, Birmingham, Minggu (17/3/2024) dini hari WIB. Ia pada akhirnya menang 21-12, 10-21, 21-15 atas wakil India itu untuk menembus final pertamanya di turnamen BWF level Super 1000.

Kemenangan Jonatan itu menciptakan all Indonesian final di sektor tunggal putra All England. Sebelumnya, Anthony Sinisuka Ginting lebih dulu memastikan tiket final usai menyingkirkan Christo Popov.

“Puji Tuhan, semua ini berkat kemurahan dan kebaikan Tuhan kepada saya, Ginting, tim tunggal putra dan tim Indonesia juga. Mungkin tidak ada yang mengira dengan beberapa hasil turnamen belakangan yang naik turun tapi kita selalu berusaha semaksimal mungkin, kekurangan apa kita perbaiki, kita bangun kemistri dan kita coba lebih solid,” ujar Jonatan seperti dikutip situs resmi PBSI.

Baca juga: All Indonesian Final di All England 2024: Ginting Vs Jojo!

Usai dominan di gim pertama, Jonatan kalah telak dari Sen pada gim kedua. Ia mengaku terlambat mengantisipasi perubahan permainan Sen sebelum kembali bangkit di gim penentuan.

“Sen bermain cukup baik di gim kedua, dia mengubah strateginya dengan bermain lebih cepat dan saya kurang mengantisipasi itu. Alhasil tertinggal jauh dan saya tidak mau memaksa habis-habisan dan langsung mempersiapkan diri untuk gim ketiga,” ucap Jonatan.

“Di gim penentuan saya sudah tahan-tahan saja dengan rally, tidak mau terpancing bermain cepat. Juga bagaimana merapatkan pertahanan.”

“Saya berjuang saja karena hasil Tuhan sudah menentukan jadi yang saya pikirkan hanya melakukan yang terbaik,” katanya menambahkan.

Baca juga: Usai 30 Tahun, All Indonesian Final Lagi di Tunggal Putra All England

Hasil Spain Masters 2024- Alwi Farhan Gagal ke Babak Utama

Alwi Farhan gagal menembus babak utama Spain Masters 2024. Alwi kalah di final kualifikasi melawan wakil Jepang, Yushi Tanaka.

Alwi merangkak dari babak kualifikasi di Spain Masters 2024 yang merupakan turnamen BWF World Tour Super 300. Pada pertandingan babak pertama kualifikasi, Alwi menyingkirkan wakil tuan rumah, Luis Enrique Penalver.

Bertanding di Centro Deportivo Municipal Gallur, Madrid, Selasa (26/3/2024) sore WIB, Alwi menang dua gim langsung atas Penalver. Alwi menang dengan skor 21-13, 21-11.

Alwi kemudian menghadapi Yushi Tanaka di final kualifikasi Spain Masters 2024. Pebulutangkis berusia 18 tahun itu harus mengakui keunggulan Tanaka lewat rubber game dengan skor 23-21, 15-21, 12-21.

Baca juga: Indonesia Kirim 12 Wakil di Spain Masters 2024, Mulai Main Sore Ini

Alwi sempat memulai pertandingan dengan baik. Dia unggul jauh 8-2 atas Tanaka pada awal gim pertama.

Namun, Alwi kemudian ditikung saat interval. Bertarung ketat, Alwi akhirnya mengamankan gim pertama lewat adu setting 23-21.

Pada gim kedua, Alwi yang sempat memimpin 8-5 gagal mempertahankan keunggulannya. Tanaka menyalip dengan merebut lima poin beruntun. Sejak saat itu, Tanaka terus menjaga keunggulan atas Alwi hingga memaksakan rubber game.

Alwi semakin tertinggal dari Tanaka pada gim penentuan. Tertinggal jauh 4-13, Alwi pada akhirnya harus mengakui keunggulan Tanaka 12-21.

Baca juga: Usaha PBSI Tambah Wakil di Olimpiade 2024

Hasil Panjat Tebing Olimpiade 2024- Desak Made Terhenti di Perempatfinal

Desak Made Rita Kusuma Dewi terhenti di perempatfinal Panjat Tebing Speed Putri Olimpiade 2024.

Dalam lomba yang digelar di Le Bourget Sport Climbing Venue, Paris, Rabu (7/8), ada Desak Made Rita Kusuma Dewi yang menghadapi Deng Lijuan (China) di babak perempatfinal.

Hasilnya, Desak harus mengakui keunggulan lawan. Deng Lijuan kini akan menghadapi Rajiah Sallsabillah di semifinal.

Baca juga: Hasil Panjat Tebing Olimpiade 2024: Rajiah Lolos ke Semifinal!

Tepat sebelum perlombaan ini ada atlet panjat tebing Indonesia lain yakni Rajiah Sallsabillah menghadapi dengan Emma Hunt (AS) di babak perempatfinal. Rajiah menang dan lolos ke semifinal.

Di perempatfinal lain nomor Speed Putri ini juga ada Aleksandra Miroslaw (Polandia) yang berhadapan dengan Leslie Romero Pérez (Spanyol). Aleksandra Miroslaw menjadi pemenang dan maju semifinal.

Sedangkan satu perlombaan lain sudah menghadirkan Aleksandra Kalucka (Polandia) vs Zhou Yafei (China). Kalucka menjadi pemenang dan akan berhadapan dengan Miroslaw di semifinal.

Rangkaian perlombaan di Olimpiade 2024 ini, sampai perebutan medali emas, akan terus dilangsungkan sepanjang Rabu (7/8) ini.

(krs/pur)

Atlet Mandiri Tidak Bisa ke Asian Games 2023, Ini Alasan Menpora

Kemenpora memastikan tidak ada atlet yang berangkat mandiri ke Asian Games 2023. Menpora Dito Ariotedjo punya alasannya. Apa itu?

Sampai saat ini Pemerintah dalam hal ini Kemenpora dan CdM Basuki Hadimuljono belum menentukan jumlah atlet Indonesia di Asian Games Hangzhou 23 September-8 Oktober.

KOI pun mengusulkan agar nantinya atlet-atlet yang tidak masuk prioritas pemerintah bisa diberangkatkan secara mandiri. Sebab di awal pembicaraan antara KOI, Pemerintah, dan CdM, rencananya bakal dikiri 600-an atlet dari 32 cabor.

Sayangnya, keinginan KOI itu sulit terwujud karena Kemenpora memastikan bahwa atlet multievent harus diberangkatkan oleh negara karena berjuang atas nama Indonesia. Sehingga seluruh pembiayaan akan ditanggung oleh pemerintah.

Selain itu keberangkatan atlet juga harus diputuskan secara bersama-sama, tidak bisa hanya pemerintah, KOI, KONI, atau federasi olahraga bersangkutan.

“Pertama, para atlet yang tampil pada Asian Games 2022 Hangzhou, China, membawa nama bangsa Indonesia sehingga sudah selayaknya mendapatkan dukungan pembiayaan Pemerintah untuk keberangkatan sesuai dengan standar biaya kementerian keuangan,” ujar Dito dalam rilis kepada detikSport.

“Pemerintah dalam memutuskan keberangkatan atlet menuju Asian Games 2022 Hangzou China melibatkan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat,” Dito menambahkan.

Meski demikian, Dito mengakui dalam proses pengambilan keputusan pastinya ada perbedaan pendapat, yang dianggap wajar terjadi dalam sebuah rapat.

Baca juga: KOI-Menpora Beda Pendapat Soal Jalur Mandiri Asian Games 2023

“Namun, setelah rapat itu ada keputusan. Dan, keputusan yang diambil itu merupakan kesepakatan bersama diantara semua pihak yakni Kemenpora, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Keputusannya, tidak ada keberangkatan atlet dengan biaya mandiri menuju Asian Games 2022 Hangzhou, China,” papar Dito.

Pemerintah juga menilai bahwa Asian Games bukanlah ajang test event. Namun, Kemenpora tetap menyiapkan anggaran dan berkomitmen untuk mengirimkan atlet ke kejuaraan internasional yang sifatnya single event.

Kemenpora juga sudah membahas soal tidak adanya atlet mandiri di Asian Games 2023 saat rapat Kementerian Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK).

“Bahkan dalam rapat yang dihadiri oleh Deputi Prestasi Olahraga Surono itu, KOI atau NOC melalui Sekjen dan Komite Eksekutif (KE)-nya juga mengajukan usul agar soal atlet jalur mandiri bisa dipertimbangkan berangkat di multievent mendatang,” kata Dito.

Kemenpora juga menjawab soal permasalahan anggaran ke Asian Games Hangzhou yang jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan multievent lain seperti SEA Games.

“Pasti lebih kecil jumlahnya, karena atlet yang berangkat ke Asian Games dan SEA Games pasti berbeda, Asian Games selalu lebih sedikit yang berangkat dibandingkan SEA Games,” pungkas Dito.

Baca juga: KOI: Jumlah Cabor yang Dikirim ke Asian Games Ditetapkan Pekan Depan

Hasil Taipei Open 2023- Indonesia Kirim 4 Wakil ke Perempatfinal

Indonesia mengirim empat wakil ke perempatfinal Taipei Open 2023. Itu dipastikan setelah Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose tersingkir.

Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose menghadapi ganda putri Korea Selatan Lee Yu Lim/Shin Seung Chan, pada laga babak 16 besar Taipei Open 2023 di Tian-Mu Arena, Kamis (22/6/2023) malam WIB. Ganda muda Indonesia itu takluk 15-21 dan 18-21 dalam tempo 47 menit.

Baca juga: Karena Jafar/Aisyah Punya Motivasi Lebih Besar dari Rinov/Mentari

Ini berarti Indonesia punya empat wakil di perempatfinal, dengan masing-masing di nomor berbeda. Dari nomor ganda campuran, Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata menjadi satu-satunya wakil.

Lalu dari nomor tunggal, Putri Kusuma Wardani dan Chico Aura Dwi Wardoyo masing-masing mewakili kategori putri dan putra. Sementara ganda putri diwakili oleh Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi.

Baca juga: Kandas di Taipei Open 2023, Ini Kata Rehan/Lisa

Jafar/Aisyah akan menantang pasangan tuan rumah Chang Ko-Chi/Lee Chih Chen. Lalu Putri KW menantang unggulan ketiga Zhang Beiwen dan Chico berhadapan dengan Kenta Nishimoto yang menempati unggulan keempat.

Febriana/Amalia yang merupakan unggulan pertama sudah ditunggu ganda Amerika Serikat Annie Xu/Kerry Xu, yang merupakan unggulan kedelapan.

Baca juga: Ana/Tiwi Masih Butuh Adaptasi di Lapangan Berangin Taipei Open 2023

Hasil Taipei Open 2023 Hari Ini

– Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati vs Tseng Min Hao/Hsieh Pei Shan 23-25, 21-16, 19-21
Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata vs Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari 15-21, 21-13, 21-19
– Tommy Sugiarto vs Prannoy H.S. 9-21, 17-21
Putri Kusuma Wardani vs Huang Ching Ping 21-13, 21-19
Chico Aura Dwi Wardoyo vs Leong Jun Hao 21-18, 14-21, 21-16
Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi vs Cheng Yu-Pei/Sun Wen Pei 21-19, 21-11
– Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose vs Lee Yu Lim/Shin Seung Chan 15-21, 18-21